Rabu, 06 April 2011

Falcon Heavy, Roket Terbesar dan Terkuat di Dunia Buatan AS

Sebuah perusahaan asal AS sedang mengembangkan roket terbesar di dunia yang bisa mengangkut beban dua kali lipat dari roket sebelumnya.

SpaceX, menyingkapkan Falcon Heavy, sebuah roket peluncur terkuat di dunia menurut CEO Elon Musk.

Roket peluncur tersebut didisain untuk mengorbitkan satelit atau wahana angkasa seberat lebih dari 53 metrik ton, sekitar dua kali lipat kapasitas peluncur Pesawat Ulang Alik atau Delta IV Heavy, demikian diberitakan AFP.

"Roket Falcon Heavy akan membawa lebih banyak muatan ke orbit serta memiliki kecepatan lepas minimal dari gaya gravitasi lebih besar dibandingkan wahana manapun dalam sejarah, disamping roket bulan Saturn V yang dipensiunkan setelah program Apollo," ujar Elon Musk, Chief Executive dari Space Exploration Technologies, atau yang dikenal sebagai Space X.

Roket terbesar tersebut nantinya akan mampu mengangkat 53 metrik ton ke luar angkasa, atau sekira dua kali lipat dari kapasitas roket Falcon Heavy. "Hal ini membuka sebuah dunia baru roket bagi pemerintah dan ilmuwan," katanya.

Musk, orang Afrika Selatan yang banyak menghasilkan uang dari Internet, menciptakan Spacex pada 2002.

"Falcon Heavy akan tiba di kompleks peluncuran kami di Vandenberg, California, sebelum akhir tahun depan, dan diluncurkan segera setelah itu. Peluncuran pertama dari kompleks peluncuran kami di Cape Canaveral direncanakan akhir 2013 atau 2014," katanya.

Musk mengatakan kalau Falcon Heavy akan jauh lebih hemat biaya ketimbang roket kargo lainnya. Untuk penerbangannya Falcon Heavy akan memakan biaya berkisar USD80 juta sampai USD125 juta.

Falcon Heavy akan berfokus untuk membawa kargo ke luar angkasa dengan prosedur keamanan tinggi untuk membawa astronot.

NASA tahun ini berencana akan mempensiunkan beberapa pesawat ulang-aliknya, dan berencana untuk menggunakan jasa penerbangan luar angkasa komersil untuk mengangkut barang di bawah program Commercial Orbital Transportation Service (COTS).

SpaceX, kependekan dari Space Exploration Technologies Corporation, adalah salah satu dari dua perusahaan swasta yang dikontrak NASA untuk mengangkut kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes