Jumat, 25 Februari 2011

EcoATM, Mesin Unik 'Sulap' Ponsel Bekas Jadi Uang Tunai

Ada berapa banyak ponsel tua atau gadget Anda yang sudah tidak terpakai dan disimpan rapi di dalam laci?

Jika dikumpulkan dari seluruh pengguna ponsel di dunia, jumlahnya mungkin bisa mencapai ribuan bahkan ratusan ribu unit.

Kadang-kadang Anda berpikir untuk menjualnya. Tapi,
tiba-tiba niat itu urung ketika ponsel tua tersebut mempunyai nilai historis yang terlupakan bagi Anda. Atau, beberapa di antara Anda merasa nilai jual ponsel itu tidak terlalu tinggi, sehingga Anda malas untuk menjualnya.

Sebentar lagi, Anda tidak perlu bimbang dengan nasib si "ponsel tua". Dengan EcoATM, Anda bisa menyulapnya menjadi uang tunai instan, seperti halnya mesin ATM. Secara sederhana, Mesin canggih itu akan "menelan" ponsel tersebut dan "memuntahkannya" dalam bentuk uang tunai.

Kita sudah tahu, kalau ingin menjual gadget bekas, misal ponsel, biasanya kita membawa ke toko kemudian si pemilik toko melihat-lihat dan memberi penawaran harga dan kalau setuju maka kita akan diberi uang sesuai dengan harga kesepakatan. Itulah yang juga bisa dilakukan oleh EcoATM ini. Ponsel-ponsel yang dikumpulkan kemudian akan didaur ulang lebih lanjut. Ide ini dinilai sangat brilian dan kebetulan cocok untuk penghuni Bumi. Kehadirannya dapat meminimalisir isi sampah elektronik di planet ini secara signifikan.

EcoATM berasal dari San Diego, California-AS. Dia mengklaim sebagai perusahaan pertama dan satu-satunya di dunia yang membuat kios pertukaran ponsel bekas dengan uang tunai untuk tujuan mulia: daur ulang.

Eco ATM telah mendapat suntikan dana investasi dari Constar dan hibah dana dari National Science Foundation untuk mengembangkan teknologi terobosan itu dan menyebarkannya secara luas. Jumlahnya rahasia. Namun, yang pasti perusahaan berencana memproduksi mesin EcoATM secara masif ke seluruh dunia secara bertahap.

Cara kerjanya cukup sederhana. Mesin EcoATM akan menerima ponsel tua dan perangkat elektronik portabel apa pun. Lalu, ia akan secara otomatis mengecek kondisinya dan menawarkan harga yang sesuai. Jika setuju, ponsel tersebut akan didaur ulang dan Anda langsung menerima uang tunai. Jika tidak setuju, Anda bisa membatalkannya.

EcoATM bukan saja hanya bisa menerima ponsel tetapi segala macam gadget mulai dari MP3 player, Game Systems, Cartridges, Notebook, Desktop PC, Printers, Digital Cameras, Flat Displays, Storage Devices, GPS dan banyak lagi.

Bisakah dia mengenali ponsel Anda yang sudah rusak atau lumpuh?

Bisa. Sebuah mesin EcoATM dilengkapi dengan perangkat pemindai (scanner). Ketika ingin mendaur ulang ponsel, Anda akan diminta untuk memilih tipe ponsel Anda. Kemudian, mesin akan memberikan kabel data untuk mendiagnosa kondisi ponsel, termasuk untuk memastikan apakah ponsel itu masih bisa bekerja atau tidak.

"Sistem EcoATM dapat bekerja dengan cepat. Ia mampu mengidentifikasi ribuan model ponsel dan perangkat bergerak lain secara akurat. Di layar, Anda akan melihat apa saja kerusakan sistem internal ponsel Anda. Kemudian, dia akan menawarkan harga yang sesuai dengan kondisi," kata CEO EcoATM, Tom Tullie.

"Kami sangat senang teknologi ini telah memperoleh paten pertama. Tidak lupa terima kasih juga kami ucapkan pada National Science Foundation yang telah mendukung kami untuk mengembangkan teknologi ini agar bisa dinikmati lebih luas lagi," tandasnya, seperti diberitakan TG Daily.

Estimasi harga yang ditawarkan berdasarkan nilai pasar sekunder yang terkumpul. Penjual bisa mendapatkannya dalam bentuk uang tunai atau kredit.

Sejauh ini, selama masa ujicoba, EcoATM telah mengumpulkan puluhan ribu perangkat dan telah mengeluarkan kocek hingga ratusan ribu dolar AS. Dikatakan EcoATM, sekitar 50 persen dari ponsel yang dikumpulkan dijual kembali karena kondisinya masih cukup baik, sementara 50 persen lainnya didaur ulang.

2 komentar:

kak roni mengatakan...

PERTAMAXXXXX

SALAM CERDAS N MANTAB

Kang Epot mengatakan...

mantap, teknologi maju rupanya

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes