Kamis, 24 Februari 2011

Ciu – Minuman khas Solo-, Antara Simbol Perlawanan & Simbol Setan

Setelah tempo hari ku bertutur tentang masakan khas Solo namun diharamkan untuk dikonsumsi oleh umat Muslim bernama Sengsu atau Sate Jamu alias Tongseng Asu, kini aku ingin mengisahkan kawannya. Sebuah minuman tradisional khas Solo juga yang meskipun belum difatwa haram untuk dikonsumsi oleh MUI Pusat (setahuku), tapi sudah menjadi sebuah kesepakatan umat Islam Solo tentang keharamannya jika diminum.
Orang Solo sering menyebut minuman tradisional itu dengan sebutan Ciu. Karena “pabrik-pabrik” nya banyak ditemui di kawasan Bekonang – Sukoharjo (sebuah daerah kawasan pinggiran Solo) tak sedikit yang menyebutnya dengan sebutan Ciu Bekonang. 

Minuman ciu ini dianggap dan disepakati keharamannya karena mengandung alkohol yang tidak sedikit. Sebuah referensi sumber dari kepolisian RI yang kuperoleh menyebutkan bahwa Ciu mengandung kadar alkohol cukup tinggi yaitu sekitar 30-40%. Busyet dah,, Tak salah jika minuman ini sangat efektif untuk membuat orang yang meminumnya mabuk, dan ngomyang (ngigau) jika pada kondisi “tinggi”.
 
Gimana caranya bikin Ciu, sejujurnya aku tidak mengetahuinya. Namun, setelah kucoba googling kesana kemari, kuperoleh sedikit referensi singkat tentang proses membuat minuman Ciu ini. Simpel-nya, cairan berisi campuran gula kelapa, tape singkong, dan laru dilarutkan dan dicampur ke dalam sebuah panci yang dibakar di atas perapian. Setelah itu, panci ditutup. Kemudian tutup panci tersebut dihubungkan dengan pipa bambu, lantas disalurkan melewati air dingin. Selanjutnya di ujung pipa ditempatkan gelas kaca besar berukuran 2-3 liter untuk menampung air hasil sulingannya. Demikian sedikit referensi tentang proses pembuatan minuman Ciu. 


Jika ingin melihat reaksi ngomyang para peminum Ciu ini silakan kawan-kawan datang ke Jalan Ciu Bekonang. Di warung-warung sekitarnya, ciu dihidangkan dengan berbagai rasa, tergantung campurannya (sumber). Misalnya ada istilah cisprite, campuran dengan minuman ringan Sprite, dengan perbandingan 1:1. Selain itu, ada pula cikola (campuran ciu dan Coca-cola), ciut (ciu dengan Nutrisari), cias (ciu dengan wedang asam), ciu tiga dimensi (campuran ciu dengan bir dan Kratingdaeng), dan ciu empat dimensi (ciu, bir, Kratingdaeng, dan Sprite), serta kidungan (ciu dengan campuran air rendaman tanduk kijang). Jenis terakhir ciu campuran itu diyakini sebagai obat kuat. Kalao masih kurang, silakan ciu dicampur dengan obat Bodrex. :) hahahahaha. Rasakan sensasinya bersama “malaikat-malaikat”.
Minuman asal Bekonang Solo ini rupa-rupanya dijual cukup murah. Bermodal Rp. 5.000,- perak saja, anda sudah bisa menikmati flying on the sky dengan menegak 1 liter ciu sambil ngomyang. Karena murahnya harga banyu gendeng (minuman yang bisa bikin gila) ini, ciu sering diasosiasikan sebagai sebuah perlawanan dari rakyat jelata terhadap serangan gaya hidup global melalui masuknya minuman-minuman “modern” ala Coca Cola atau Sprite dan Fanta. Lebih dari itu, minuman ini juga menjadi semacam pelarian mudah dan murah bagi kalangan kaum “rendahan” untuk menikmati flying dan mendem (mabuk) di kala malam yang dingin. Bila dibandingkan dengan minuman keras beralkohol produk-produk luar negeri yang harganya relatif mahal, maka ciu telah menjadi solusi.
Kendatipun disebut dan dikonotasikan sebagai minuman para preman dan pekerja-pekerja kelas rendahan, pada akar sejarahnya minuman ciu ini sebenarnya justru berasal dari sebuah budaya menyimpang Kraton yang dipengaruhi oleh bujukan para penjajah Belanda. 

Sejarah Ciu

Dalam sebuah referensi disebutkan bahwa sejarah Ciu dimulai pada abad ke-17, di jaman pertengahan kerajaan mulai mengembangkan berbagai budidaya seperti gula tebu dan beras. Dari dua komoditi itu kemudian dibuatlah anggur yang terbuat dari beras yang difermentasi, tetes tebu dan kelapa. Minuman ini diproduksi sejak akhir abad ke-17 sampai abad ke-19 dan merupakan minuman populer di Eropa, terutama Swedia. Minuman ini juga umum dikenal sebagai the Batavia Arrack van Oosten.
Pada waktu pemerintahan raja-raja (keraton Surakarta dan Yogyakarta) sebelum Indonesia merdeka, terdapat tradisi pada acara-acara pesta panen raya atau penyambutan tamu-tamu kerajaan dengan mengadakan pesta dan tarian tradisional seperti Tayub, Sinden Ledek dan sebagainya. Acara-acara ini marak setelah Belanda masuk campur tangan demi menjatuhkan kekuasaan kraton secara pelan-pelan tentunya. Pada acara acara tersebut, walaupun berlangsung pada siang hari, pasti ada acara minum minuman keras “Ciu Bekonang” untuk mabuk-mabukan, baik di kalangan punggawa kerajaan maupun rakyat di sekitar kerajaan
Pada masa itu walaupun usaha yang dilakukannya secara sembunyi-sembunyi, namun telah menghasilkan sesuatu yang disebut “CIU” dengan kadar alkohol yang masih rendah. Ciu atau yang terkenal dengan sebutan “Ciu Bekonang” pada awal-awal produksinya memang dikonsumsi untuk minuman keras dan mabuk-mabukan.
Menjelang Indonesia Merdeka pada tahun 1945, pengrajin industri rumah tangga “Ciu Bekonang” hanya berkisar 20 orang saja dan hasil produksinya kurang lebih per hari hanya 10 liter saja. Peralatan Produksinyapun masih sangat sederhana. Penjualan dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan pada orang-orang tertentu yang suka mabuk-mabukan.
Antara tahun 1961 sampai tahun 1964, industri alkohol “Ciu Bekonang” sudah mulai ada kemajuan. Kemajuan dalam hal peningkatan kadar alkohol dari 27% menjadi 37% dengan peralatan yang juga masih sangat sederhana. Hasil alkohol yang masih berkadar 37% ditampung dan ditingkatkan kadar alkoholnya. Dari Jumlah pekerja juga sudah ada peningkatan menjadi sekitar 30– an pengrajin alkohol. Hasilnyapun sudah dipasarkan mencapai hampir keseluruh wilayah karesidenan Surakarta, Surabaya, Kediri dan lain-lain.
Pada tahun 1980-an, Pemda Tingkat II Sukoharjo (Dinas Perindustrian) mengucurkan bantuan sebesar Rp.2.000.000,- guna meningkatkan produksi minuman “tradisional” ini. Hasilnya, kadar alkohol sudah dapat ditingkatkan kadarnya menjadi 60%. Pada tahun 1997 ada naskah kesepakatan dengan industri alkohol besar di Karanganyar (Jateng) yaitu PT. Indo Acidatama Chemical Industri . Hingga tahun 2000, dengan peralatan yang lebih modern lagi, kadar alkohol ciu berhasil ditingkatkan menjadi 70% bahkan 90%. Weleh-weleh…, parah. Bener-bener banyu gendeng. 

Ciu Sebagai Simbol Perlawanan
 

Sebagaimana telah sedikit kuungkap di atas, bahwa sebagian kalangan menilai ciu merupakan sebuah produk yang lahir dari pemberontakan wong cilik terhadap kemapanan dan modernisasi yang menindas gerak laju mereka. Tempat-tempat hiburan yang dulunya cukup mudah dinikmati kini mulai tergerus oleh ancaman global melalui alat-alat elektronik model ala Mp4, I Pod, Video Game, Televisi, dll. Panggung hiburan sudah mulai digantikan dengan bangunan-bangunan yang diperuntukkan untuk pusat-pusat bisnis.
Ada semacam fenomena budaya di Solo yang menjadikan Ciu sebagai pemicu kemabukan agar bisa lebih menikmati sebuah hiburan rakyat. Sebut saja dangdut. Setiap ada pertunjukan dangdut, baik itu di THR (Taman Hiburan Rakyat ) maupun di event-event yang cakupannya kecil seperti hajatan, bisa dipastikan Ciu hadir di tengah-tengah massa. Selain sebagai pemicu untuk mencapai kondisi mabuk, Ciu hadir sebagai bentuk perlawanan terhadap hegemoni industri hiburan yang tak terbeli yang hadir melalui MTV, I Pod, Mall yang telah disebutkan di atas. Kita merasa lebih civilized ketika minum kopi bergambar putri duyung di gerai sebuah Mall. Kita merasa lebih eksis ketika kita mampu mendengarkan lagu favorit kita melalui I pod. Kita merasa lebih trendi dan gaul bila kita pergi jalan-jalan ke Mall daripada ke pasar rakyat seperti di Sekaten.
Berhala-berhala industri budaya pop itu memanipulasi kita, mengendalikan kita, dan mengkungkung kita dalam tuntutan-tuntutan untuk memenuhi hasrat konsumeris kita. Bagi kaum marjinal, anak jalanan, preman dan anak-anak muda yang merasa terpinggirkan oleh kehadiran berhala ala Amerika, Ciu + Dangdut + Goyang menjadi pertahanan dan perlawanan terakhir terhadap serbuan budaya global.
Orang-orang itu mempunyai jiwa yang bebas dan bisa menjadi diri mereka sendiri. Mereka mempunyai selera dan cita rasa yang khas, terlepas dari penyeragaman cita rasa dan selera yang dilakukan industri hiburan global. Mereka tidak membenci hiburan-hiburan mahal dengan semangat primordial dan gaya perlawanan lokal. Mereka hanya butuh hiburan yang terjangkau di tengah-tengah himpitan kesulitan ekonomi. Mereka tetap eksis dengan pilihannya. Mereka masih ada di tengah-tengah kita. Demikian tulis seorang kawan blogger melihat sisi lain ciu.

Namun terlepas dari semuanya, Ciu tetaplah sebuah minuman haram yang tidak boleh dikonsumsi seorang muslim. 

832 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 832   Lebih baru›   Terbaru»
Anonim mengatakan...

diazepam no prescription needed diazepam online pharmacy usa - diazepam 93 832

Anonim mengatakan...

buy xanax online no rx generic xanax best - xanax helps anxiety attacks

Anonim mengatakan...

alprazolam drug buy xanax online no prescription canada - pill report for xanax

Anonim mengatakan...

order diazepam diazepam valium for vertigo - valium 2mg dosage

Anonim mengatakan...

buy xanax online no rx xanax withdrawal last - generic brand for xanax

Anonim mengatakan...

buy phentermine phentermine urine test - purchase prescription phentermine online

Anonim mengatakan...

lethal dose of diazepam buy valium online no prescription usa - diazepam online canada

Anonim mengatakan...

phentermine online phentermine 37.5 mg reviews weight loss - has anyone purchased phentermine online

Anonim mengatakan...

diazepam 5mg buy diazepam online usa - canada online pharmacy diazepam

Anonim mengatakan...

xanax alprazolam xanax drug test urine - xanax 5 hour energy

Anonim mengatakan...

cheap generic phentermine buy phentermine no prescription cheap - phentermine k-25 online

Anonim mengatakan...

buy ambien online without prescription ambien effect on sleep quality - ambien dosage for overdose

Anonim mengatakan...

ordering ambien online ambien 6.5 mg - ambien 10 mg dice

Anonim mengatakan...

order alprazolam xanax effects blood sugar - xanax dosage 12 year old

Anonim mengatakan...

ambien zolpidem ambien on drug test - purchase ambien online canada

Anonim mengatakan...

xanax anxiety does generic xanax work same - xanax bars for anxiety

Anonim mengatakan...

diazepam synthesis can buy diazepam bulgaria - diazepam 10mg take

Anonim mengatakan...

xanax no rx xanax time release side effects - purchase xanax no prescription

Anonim mengatakan...

xanax online pharmacy generic xanax xr - xanax dosage blue

Anonim mengatakan...

buy valium diazepam buy diazepam online no rx - diazepam onset of action

Anonim mengatakan...

xanax no prescription xanax kids - is it illegal to buy xanax online from the us

Anonim mengatakan...

buy generic phentermine phentermine libido - buy phentermine 37.5 mg online

Anonim mengatakan...

diazepam is valium diazepam dosage bluelight - buy diazepam in usa online

Anonim mengatakan...

buy xanax bars xanax for social anxiety - buy alprazolam powder

Anonim mengatakan...

sniffing diazepam buy 5mg diazepam online - diazepam no prescription 10mg

Anonim mengatakan...

xanax anxiety buy xanax online no prescription with mastercard - drug test for xanax and klonopin

Anonim mengatakan...

phentermine pills buy phentermine in uk - can i buy phentermine online safely

Anonim mengatakan...

zolpidem 10 mg what is ambien walrus - ambien sleepwalking 2010

Anonim mengatakan...

xanax cheap xanax withdrawal treatment - xanax overdose alcohol

Anonim mengatakan...

buy soma online somanabolic muscle maximizer website - generic soma dan

Anonim mengatakan...

ambien no prescription maximum safe dosage ambien - how to buy ambien online

Anonim mengatakan...

xanax online pharmacy xanax high blood sugar - xanax withdrawal symptoms sweating

Anonim mengatakan...

buy soma carisoprodol msds - carisoprodol drug classification

Anonim mengatakan...

buy cheap ambien ambien side effects hiccups - purchase ambien online overnight

Anonim mengatakan...

cheap generic xanax xanax effects elderly - xanax side effects paranoia

Anonim mengatakan...

xanax drug prescription drug abuse xanax - xanax overdose pathophysiology

Anonim mengatakan...

diazepam buy buy msj diazepam online - how will 10mg diazepam affect me

Anonim mengatakan...

xanax mg xanax 1 mg upjohn - what do 1mg xanax look like

Anonim mengatakan...

purchase xanax buy xanax bars online - xanax side effects on the brain

Anonim mengatakan...

diazepam dosage diazepam 2mg alcohol - order diazepam online no prescription

Anonim mengatakan...

alprazolam medication alprazolam orally disintegrating tablet 0.5mg - xanax joint pain

Anonim mengatakan...

buy phentermine buy phentermine online without script - buy phentermine online ottawa

Anonim mengatakan...

online diazepam buy valium 20mg online - buy diazepam tablets

Anonim mengatakan...

buy phentermine buy phentermine online - phentermineonlinesales.com

Anonim mengatakan...

order ambien online overnight ambien cr rem sleep - generic ambien strong

Anonim mengatakan...

ambien pharmacy lunesta vs ambien dosage - ambien withdrawal bluelight

Anonim mengatakan...

buy soma carisoprodol strength - buy soma florida

Anonim mengatakan...

buy zolpidem ambien 10 mg beer - buy ambien from canada

Anonim mengatakan...

order xanax skelaxin xanax drug interactions - can buy xanax online us

Anonim mengatakan...

online xanax no prescription drug klonopin vs xanax - generic xanax best

Anonim mengatakan...

buy diazepam legal buy diazepam online - diazepam benzo withdrawal

Anonim mengatakan...

ambien 10mg ambien while pregnant - price generic ambien walgreens

Anonim mengatakan...

best buy tramadol tramadol hcl apap - tramadol manufacturer

Anonim mengatakan...

online diazepam where to buy diazepam - buy diazepam overnight delivery

Anonim mengatakan...

buy cheap diazepam diazepam dosage dental - diazepam dosage tetanus

Anonim mengatakan...

buy tramadol tablets tramadol nausea - buy tramadol hcl

Anonim mengatakan...

xanax alprazolam xanax side effects 2011 - xanax generic what does it look like

Anonim mengatakan...

buy tramadol online legal buy tramadol mexico - what does tramadol high feel like

Anonim mengatakan...

buy alprazolam online without prescription number xanax overdose - xanax withdrawal success stories

Anonim mengatakan...

buy tramadol online cod overnight tramadol 100 er - 50mg tramadol lot

Anonim mengatakan...

buy diazepam online anxicalm tabs 5mg diazepam side effects - buy diazepam online usa no prescription

Anonim mengatakan...

buy tramadol 180 tramadol cod - buy ultram online uk

Anonim mengatakan...

tramadol tramadol metabolism - tramadol 200mg online

Anonim mengatakan...

buy soma online medication soma 250 mg - buy soma shampoo

Anonim mengatakan...

ambien order online no prescription ambien cr buy online - ambien dosage info

Anonim mengatakan...

can you buy tramadol online tramadol dosage pain dogs - legal order ultram online

Anonim mengatakan...

can you buy ambien online ambien detox stories - getting off ambien insomnia

Anonim mengatakan...

generic xanax xanax 1mg high - xanax overdose how many

Anonim mengatakan...

order diazepam side effects of diazepam valium - diazepam ga side effects

Anonim mengatakan...

buy generic soma soma prescription drug abuse - qualitest generic soma

Anonim mengatakan...

online ambien ambien overdose treatment emedicine - ambien cr generic vs brand

Anonim mengatakan...

buy tramadol cash on delivery buy ultram generic - order tramadol online cod

Anonim mengatakan...

xanax without a perscription xanax dosage by pill - taking xanax recreational use

Anonim mengatakan...

cheap tramadol no prescription buy discount tramadol - order tramadol online mastercard

Anonim mengatakan...

buy tramadol online without a prescription buy tramadol in uk - que es tramadol hcl 50 mg

Anonim mengatakan...

diazepam online diazepam 5mg enough - can buy diazepam online usa

Anonim mengatakan...

buy xanax online cod xanax online no prescription mastercard - xanax side effects menstrual cycle

Anonim mengatakan...

diazepam half life withdrawal effects from diazepam - diazepam online no prescription usa

Anonim mengatakan...

buy tramadol online cod overnight tramadol hcl liver - tramadol online pharmacy usa

Anonim mengatakan...

ambien online pharmacy ambien generic price walmart - ambien class b medication

Anonim mengatakan...

buy diazepam diazepam 10 mg manufacturers - diazepam for dogs anxiety

Anonim mengatakan...

buy tramadol online cheap order tramadol online cod - order tramadol cheap

Anonim mengatakan...

buy ambien ambien insomnia pregnancy - valium ambien overdose

Anonim mengatakan...

diazepam and dosage buy diazepam on line - legal buy diazepam online

Anonim mengatakan...

soma carisoprodol carisoprodol dosage 700mg - where to buy somat dishwasher salt

Anonim mengatakan...

xanax pill alprazolam 0 5mg causa dependencia - order cheap xanax online no prescription

Anonim mengatakan...

ambien generic ambien side effects yahoo answers - color generic ambien cr

Anonim mengatakan...

buy generic tramadol online tramadol 50mg acetaminophen - cheap tramadol on line

Anonim mengatakan...

soma online dosage for carisoprodol - long term side effects carisoprodol

Anonim mengatakan...

buy tramadol with cod tramadol 50mg how much - buy tramadol no prescription canada

Anonim mengatakan...

buy xanax online without rx ms alprazolam 0 5mg germed - generic 3mg xanax

Anonim mengatakan...

buy tramadol cash on delivery tramadol no prescription cod - 100 mg tramadol online

Anonim mengatakan...

xanax order no prescription generic xanax walgreens - high anxiety kicking xanax

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol 50 mg injection - buy tramadol valium online

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadolonlinepharmacy.net - tramadol dosage guidelines

Anonim mengatakan...

xanax for sale without prescription xanax dosage 120 lbs - buy xanax online prescription

Anonim mengatakan...

buy diazepam online que es diazepam y para que sirve - diazepam withdrawal cold turkey

Anonim mengatakan...

cheap tramadol tramadol pictures - tramadol dosage kids

Anonim mengatakan...

cheap generic xanax xanax side effects suicidal thoughts - 3mg xanax online

Anonim mengatakan...

diazepam dosage for dogs safe buy diazepam online usa - long do diazepam withdrawal symptoms last

Anonim mengatakan...

order ambien ambien next day delivery - withdrawal symptoms of ambien

Anonim mengatakan...

buy tramadol online with mastercard tramadol hcl 377 - buy tramadol dogs uk

Anonim mengatakan...

sniffing diazepam diazepam high blood pressure - best place buy diazepam usa

Anonim mengatakan...

order tramadol tramadol hcl sleep aid - tramadol 50 mg dosage

Anonim mengatakan...

soma drug buy soma hair products toronto - can you buy soma online

Anonim mengatakan...

buy ambien online without prescription how long will ambien withdrawal last - ambien online no prescription usa

Anonim mengatakan...

buy tramadol mastercard tramadol hcl-acetaminophen zen - tramadol dosage levels

Anonim mengatakan...

diazepam online diazepam maximum dose - diazepam withdrawal muscle pain

Anonim mengatakan...

soma drug soma type of drug - soma intimates coupon codes

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax pills snorting - are xanax pills yellow

Anonim mengatakan...

ambien without prescription ambien drug overdose - ambien 79 e

Anonim mengatakan...

purchase tramadol трамадол купить - tramadol hcl 200

Anonim mengatakan...

cheapest soma generic soma codeine - carisoprodol with oxycodone

Anonim mengatakan...

buy xanax online what does 1mg generic xanax look like - what's considered overdose xanax

Anonim mengatakan...

can you buy ambien online generic version of ambien cr - ambien side effects hallucinations

Anonim mengatakan...

can you buy tramadol online legally tramadol 50mg capsules dosage - buy tramadol cod fedex

Anonim mengatakan...

generic xanax online 20 mg xanax side effects - generic xanax to buy

Anonim mengatakan...

tramadol online no prescription buy tramadol cod delivery - tramadol 100mg no prescription

Anonim mengatakan...

order tramadol online mastercard order tramadol online to florida - buy tramadol hcl online

Anonim mengatakan...

order tramadol online without prescription can buy tramadol mexico - tramadol toxicity

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol for cheap to buy - tramadol online canadian pharmacy

Anonim mengatakan...

order xanax online get rid xanax high - xanax effects men

Anonim mengatakan...

buy diazepam online diazepam 10 mg for sale usa - valium vs. generic diazepam

Anonim mengatakan...

buy tramadol ultram tramadol safe take high blood pressure - tramadol dosage equivalent

Anonim mengatakan...

buy ambien online without prescription pictures of generic ambien cr - ambien for kids

Anonim mengatakan...

generic xanax xanax vs xanax bars - wiki xanax bar

Anonim mengatakan...

order tramadol no prescription tramadol long term effects - buy tramadol tablets online

Anonim mengatakan...

soma drug soma bad drug - soma intimates online store

Anonim mengatakan...

pharmacokinetics of diazepam diazepam and pregnancy - diazepam 5mg tablet myl

Anonim mengatakan...

tramadol no rx dose of tramadol - tramadol online mexico

Anonim mengatakan...

ambien no rx ambien side effects funny - ambien nyquil high

Anonim mengatakan...

buy tramadol without prescriptions buy tramadol personal check - buy tramadol online with paypal

Anonim mengatakan...

valium diazepam buy diazepam no prescription usa - buy diazepam 10mg online

Anonim mengatakan...

buy soma online buy somatropin eurohormones - soma drug abuse

Anonim mengatakan...

buying ambien online ambien side effects migraine - buy ambien cr 12.5/ no prescription

Anonim mengatakan...

buy tramadol online no prescription cheap tramadol hcl is used for what - tramadol hcl good pain

Anonim mengatakan...

tramadol online tramadol 100 er - tramadol hcl lethal dose

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod overnight buy tramadol hcl online - tramadol 50mg how many to get high

Anonim mengatakan...

cheap xanax xanax bars kick - xanax for anxiety flying

Anonim mengatakan...

cheap tramadol online tramadol dosage 60 lb dog - tramadol for opiate withdrawal

Anonim mengatakan...

order tramadol buy tramadol generic ultram - tramadol online reviews

Anonim mengatakan...

generic xanax cheap xanax without rx - how to buy xanax no prescription

Anonim mengatakan...

where can i buy ambien online buy ambien online cheap - buy ambien online pharmacy

Anonim mengatakan...

cheap tramadol tramadol hcl recall - tramadol side effects high

Anonim mengatakan...

can you really buy xanax online order xanax online free - xanax bars g3722

Anonim mengatakan...

order tramadol online overnight order tramadol from canada - tramadol and alcohol

Anonim mengatakan...

soma online carisoprodol and vicodin together - online coupons for soma

Anonim mengatakan...

generic xanax online xanax side effects pregnant women - xanax and alcohol combination

Anonim mengatakan...

carisoprodol 350 mg soma drug ancient - side effects for carisoprodol

Anonim mengatakan...

buy xanax xanax high blood pressure medicine - xanax generic drug

Anonim mengatakan...

soma drug buy soma online no prescription cheap - soma drug ingredients

Anonim mengatakan...

xanax no prescription online buy xanax online canada no prescription - xanax drug interaction ibuprofen

Anonim mengatakan...

tramadol online tramadol high 50mg - has bought tramadol online

Anonim mengatakan...

cheap generic xanax can i buy xanax online legally - xanax does do

Anonim mengatakan...

order tramadol dosage of tramadol 50mg - tramadol highest dosage

Anonim mengatakan...

xanax online xanax bars yellow vs white - generic time release xanax

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol online overnight saturday delivery - buy tramadol safely

Anonim mengatakan...

xanax price will xanax pass drug test - xanax dosage with pictures

Anonim mengatakan...

can you buy xanax online legally xanax online sales - drug screen for xanax

Anonim mengatakan...

xanax order no prescription xanax dosage limits - generic green xanax pill

Anonim mengatakan...

online xanax no prescription xanax drug-drug interactions - xanax quotes for myspace

Anonim mengatakan...

xanax antidepressant generic xanax pictures mg - generic xanax coupons

Anonim mengatakan...

xanax online alprazolam 0 5mg medley - klonopin vs xanax dosage

Anonim mengatakan...

cheapest xanax xanax recreational use weed - alprazolam 0.5mg overdose

Anonim mengatakan...

buy xanax xanax dosage .25 mg - buy xanax online canada no prescription

Anonim mengatakan...

buy xanax Alabama xanax 2mg tab - buy xanax online overnight delivery

Anonim mengatakan...

buy xanax online Long Beach xanax overdose pregnancy - xanax side effects heart

Anonim mengatakan...

order xanax online 2mg xanax round pill - xanax bars yellow time release

Anonim mengatakan...

alprazolam without prescription xanax tumblr - drug rehab centers xanax

Anonim mengatakan...

ambien price ambien makes you high - ambien side effects for men

Anonim mengatakan...

alprazolam online buy herbal xanax online - xanax many get high

Anonim mengatakan...

alprazolam online xanax to sleep - klonopin generic xanax

Anonim mengatakan...

ambien online without rx get high ambien cr - buy ambien zolpidem

Anonim mengatakan...

where can i buy xanax online legally xanax withdrawal - codeine xanax drug interactions

Anonim mengatakan...

alprazolam 0.5mg long does 1mg xanax stay system - xanax withdrawal heart attack

Anonim mengatakan...

best place to buy xanax online what's considered overdose xanax - generic xanax walmart

Anonim mengatakan...

xanax cheap xanax withdrawal symptoms headache - order xanax online no prescription canada

Anonim mengatakan...

where can i buy ambien online ambien 7 hours sleep - ambien side effects throwing up

Anonim mengatakan...

generic ambien online ambien 10mg images - ambien withdrawal side effects how long

Anonim mengatakan...

where to buy xanax online buy xanax online with mastercard - xanax bars 4mg

Anonim mengatakan...

buy xanax online valium xanax online - buy xanax prescription

Anonim mengatakan...

buy xanax online buy xanax online no prescription overnight - identify xanax pills pictures

Anonim mengatakan...

ambien price is generic ambien available in u.s. - ambien drug profile

Anonim mengatakan...

buy ambien seroquel ambien overdose - coupon for ambien cr

Anonim mengatakan...

can you buy xanax online legally order xanax online uk - generic xanax do they look like

Anonim mengatakan...

xanax online New Jersey can you drug test xanax - xanax overdose reversal

Anonim mengatakan...

where to buy ambien online buy ambien cr 12.5 - ambien cr side effects weight gain

Anonim mengatakan...

buy xanax online overnight delivery generic xanax walmart - generic xanax 1 mg

Anonim mengatakan...

buy xanax online 3mg xanax online - xanax 1/2 life

Anonim mengatakan...

ambien without a rx ambien withdrawal addiction - ambien side effects when stopped

Anonim mengatakan...

buy xanax xanax buy online no prescription - xanax online sales

Anonim mengatakan...

xanax alprazolam xanax 2mg side effects - what does generic xanax look like

Anonim mengatakan...

generic xanax Connecticut what is xanax side effects - xanax side effects hearing

Anonim mengatakan...

order ambien online no prescription ambien cr 6.25 vs 12.5 - ambien cr 12.5 cost

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax overdose long term effects - order xanax overnight online

Anonim mengatakan...

buy ambien discount ambien cr - ambien strengths

Anonim mengatakan...

alprazolam price xanax side effects erectile dysfunction - xanax generic walmart

Anonim mengatakan...

buy xanax online blue football 1mg xanax - xanax bars no writing

Anonim mengatakan...

buy ambien generic equivalent for ambien cr - ambien cr jet lag

Anonim mengatakan...

generic xanax North Dakota types of xanax pills - pictures generic 2mg xanax

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 832   Lebih baru› Terbaru»

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes