Kamis, 27 Januari 2011

Stepan, Robot Pengganti Raga Untuk Para Siswa di Sekolah

Seorang siswa yang sangat istimewa hadir di sebuah kelas di Moskow, Rusia. Siswa itu adalah robot plastik bernama Stepan yang tekun mengikuti pelajaran.

Di tempat berbeda, Stepan yang sesungguhnya, seorang anak berusia 12 tahun berambut cokelat dan bermata biru, duduk di depan komputer di rumahnya.

Rupanya, melalui robot plastik itu, Stepan sebenarnya ikut belajar di kelas.

Diberitakan Bangkok Post, Stepan Supin, demikian nama lengkap bocah tersebut, menderita leukemia sejak dua tahun silam.

Kekebalan tubuhnya terlalu rapuh dan sangat riskan jika dia pergi ke sekolah.

Itu sebabnya, Stepan menggunakan robot plastik yang dikendalikannya dari rumah menggunakan komputer untuk ikut berinteraksi secara virtual dengan guru dan teman-temannya di kelas. Dilengkapi dengan sebuah webcam, microphone dan pengeras suara, robot Stepan menyiarkan semua yang terjadi di kelas secara real time ke komputer Stepan asli di rumah.

"Layar yang terpampang di bagian depan robot memungkinkan Stepan terlibat dalam kegiatan di kelas. Dia bisa bertanya kepada guru atau menjawab pertanyaan," ujar salah satu guru Stepan bernama Alla Gevak.

"Kami juga memanggil robot itu dengan nama Stepan. Saat pelajaran dimulai, dia pun mengerjakan semua tugas yang diberikan sama seperti murid lainnya. Dia juga sangat aktif," tambahnya.

Stepan sendiri merasa bahwa dirinya benar-benar hadir di kelas, meski sebenarnya dia melakukan kontrol penuh pada pergerakan robot dari rumah.

"Saya bisa mengubah kecepatan robot, menggerakkan kepalanya ke kiri atau kanan. Saya merasa berada di antara teman-teman dan guru," kata Stepan.[suaramedia]

1 komentar:

VEC mengatakan...

wooow kereeeeen.....

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes