Sabtu, 28 Mei 2011

Oscar, Kucing Bionik Pertama Di Dunia

Oscar tergolek lemah tak berdaya. Tubuhnya yang hitam pekat, bermandikan darah segar yang mengucur deras.
Bagian bawah dua kaki belakangnya, tertebas oleh kendaraan pemotong jagung yang lewat.

Tapi itu dulu, sekitar sembilan bulan yang lalu. Kini Oscar, si kucing hitam, bisa kembali berjalan. sekaligus mendapat gelar baru: kucing bionik pertama di dunia.

Kucing ini sekarang telah memiliki sepasang kaki bionik setelah operasi yang terhadapnya berhasil dilakukan.

Ini merupakan operasi implan kaki kucing pertama yang dilakukan di dunia. Operasi ini dilakukan oleh Surrey vet Noel Fitzpatrick. Operasi ini juga nantinya bisa diterapkan pada manusia yang tidak memiliki kaki.

Kedua kaki tersebut dibor hingga ke pergelangan kakinya kemudian menggunakan bahan-bahan yang memungkinkan tulang dan kulit bisa tumbuh di kaki bionik itu.

Sehari setelah operasi yang menghabiskan biaya sekira Rp54 juta, Oscar mulai belajar untuk berdiri.
Empat bulan setelah operasi rampung, Oscar kini sudah bisa berlari. Dr Fitzpatrick mengatakan, teknik ini bisa digunakan untuk masa depan di dunia ortopedi.

Kaki palsu tersebut di dikembangkan oleh sebuah tim dari Universitas College London dipimpin oleh Profesor Gordon Blunn.

Seperti diberitakan  orange.co.uk, Profesor Blunn dan rekan satu timnya bekerja sama dengan Fitzpatrick untuk mengembangkan implan dengan berat yang seimbang, penggabungan antara tehnik dan biologi.
Teknologi seperti ini sebelumnya pernah digunakan untuk membuat lengan palsu untuk seorang wanita yang kehilangan tangannya saat pemboman yang terjadi di London pada Juli 2005.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes