Pada Ms Word kita mungkin sering mengalami kesulitan saat akan membuat daftar isi dari tulisan yang kita buat. Padahal sebenarnya sudah terdapat fasilitas pada Ms Word yang dapat memudahkan kita dalam membuat daftar isi. Pada postingan kali ini, saya mencoba membahas bagaimana cara pembuatan daftar isi secara otomatis pada Microsoft Word 2007.
Untuk membuat daftar isi otomatis pada Microsoft word 2007 kita dapat menggunakan fasilitas outline bertingkat atau juga dengan menggunakan heading style. Pada bahasan kali ini kita menggunakan heading style. Langkah-langkah pembuatan daftar isi dengan heading style adalah sebagai berikut :
1. Letakkan kursor pada bagian dari dokumen yang kita buat dan pilih heading style sesuai dengan urutannya. Sebagai contoh judul bab kita pilih heading 1, terus judul sub bab kita pilih heading 2 dan seterusnya. Untuk teks yang bukan heading kita pilih normal sehingga tidak akan dimuat dalam daftar isi yang nantinya akan dibuat. (keterangan : pada saat kita mengatur heading dari tiap bagian dokumen biasanya format teks akan berubah, tetapi ini tidak masalah karena kita dapat menyesuaikan kembali format teks yang berubah tersebut).
2. Jika semua bagian sudah diatur heading style-nya, letakkan kursor pada halaman tempat daftar isi akan dibuat lalu pilih menu References > Table of Contents > Insert Table of Contents.
Memasukkan daftar isi |
3. Pada kotak dialog Table of Contents, lakukan pengaturan daftar isi yang akan kita buat, lalu klik OK.
Kotak dialog Table of Contents |
Contoh hasil pembuatan daftar isi |
5. Jika ada perubahan pada dokumen, seperti perubahan halaman atau yang lain, daftar isi dapat kita update untuk menyesuaikan perubahan tersebut. Caranya kita blok pada daftar isi, klik kanan dan pilih update field. Ada dua pilihan, yaitu Update Page Number Only jika yang akan diupdate hanya nomor halaman, dan Update Entire Table jika yang berubah keseluruhan daftar isi (teks dan nomor halaman).
[cahgogonity]
5 komentar:
Kalau pakai manual, titik titiknya suka nggak rata. Makasih ya bos... dapat ilmu lagi nih :)
@ serba ser.. Kalo pake manual biar rata pake Tabulasi..
Ok deh kawan... thank you :)
Mantap infonya, biasanya pake cara manual aja...
good info... ;)
Posting Komentar