Selasa, 05 April 2011

Facebook Kian Meraksasa, Google Ketakutan 'Setengah Mati'

Masifnya perkembangan situs jejaring sosial Facebook membikin Google keder. Google takut lahan bisnisnya dicaplok Facebook.

Jurnalis teknologi senior, Steven Levy, mengatakan, saat ini Google ketakutan dengan dominasi Facebook yang kian meraksasa. Google takut gagal mengalahkan fenomena jejaring sosial.

Levy mengungkapkan itu dalam buku terbarunya, "Dalam Titik Kompleks: Bagaimana Google Berpikir, Bekerja dan Membentuk Hidup Kita" (In the Plex: How Google Thinks, Works and Shapes Our Lives). Buku itu menceritakan dominasi jejaring sosial Facebook yang memengaruhi Google.

Terdapat kutipan dari Professor Urs Holze, salah seorabf dari 10 pegawai tertinggi dan wakil presiden pertama Google, yang menyebutkan Google melakukan rekrutmen besar-besaran untuk melawan Facebook.
"Mereka sangat ketakutan dengan Facebook," tulis Levy.

Saat ini Google memang belum meluncurkan jejaring sosial untuk bersaing dengan Facebook.
Namun, fitur Buzz yang menggunakan Gmail sebagai dasar jejaring sosial menciptakan kritik sejak Februari lalu. Bahkan, Komisi Perdagangan Federal AS melakukan penyelidikan atas fitur itu terkait masalah privasi.

Buku itu juga menyebutkan serangkaian kesalahan Google yang menyebabkan perusahaan terpaksa menarik diri di China.

Google dianggap gagal menghargai adat istiadat bisnis lokal dan inovasi mereka terhambat karena khawatir pemerintah memata-matai perusahaan.

Google menolak memberikan komentar terhadap isi buku tersebut.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes