Rabu, 30 Maret 2011

Ilmuwan Ciptakan Robot Dokter 'Penjelajah' Mata

Sebuah cara baru dalam perawatan mata, kini sangat mengagumkan. Bayangkan, sebuah robot berukuran sangat kecil dibiarkan 'menjelajahi' mata pasien.

Robot ini lantas diberi tugas untuk memberikan obat hingga melakukan operasi mikro pada mata pasien.

Robot ini adalah penemuan Michael Kummer dan timnya di Institute of Robotics and Intelligent Systems (IRIS) di Zurich, Swiss.

Kabarnya, teknologi ini segera diluncurkan untuk kepentingan medis.

Sebelumnya, sudah pernah ada robot serupa yang dikembangkan North Carolina State University, yakni robot mikro yang bisa 'berenang' di dalam cairan tubuh dan berfungsi membersihkan darah beku pada pembuluh darah di dalam mata.

Kini, Kumer mengembangkan lebih jauh jenis robot tersebut, dengan menambahkan kontrol presisi menggunakan medan magnet. Robot ciptaan Kumer disuntikkan ke dalam mata melalui sebuah jarum dan dikendalikan secara elektromagnetik untuk mengurangi kebutuhan daya dari bahan bakar. "Kami harap robot mikro ini bisa membantu mengobati degenrasi pada mata dengan menyuntikkan obat secara teratur," kata Kumer seperti diberitakan PC World,. 

Disebutkannya, robot ini belum pernah dipakai pada mata manusia, melainkan baru diujicoba pada mata babi yang telah mati. Kumer dan timnya berencana akan menguji robot tersebut pada hewan yang masih hidup dalam waktu dekat.

Tidak hanya mengobati penyakit degenerasi pada mata, robot ini juga dikembangkan lebih jauh lagi agar bisa mengobati masalah mata lainnya dan melakukan operasi.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes