Rabu, 30 Maret 2011

AirJelly, Robot Ubur-Ubur Yang Mampu 'Berenang' Bebas di Udara

Sebuah robot ubur-ubur dirancang agar mampu terbang dan 'berenang' di udara layaknya ubur-ubur sungguhan berenang di air.

AirJelly memiliki kemampuan dan sifat yang sama dengan ubur – ubur yang kita jumpai di laut. Robot buatan Festo Automation Germany ini dapat melakukan gerakan yang terorganisir secara bersama – sama dalam satu kelompok

Seperti diberitakan TalkingScience, robot itu dikembangkan oleh perusahaan bernama Festo. Ia memiliki tubuh utama seperti balon dan delapan tentakel di bawahnya.

Tubuh utama AirJelly, diisi dengan helium sehingga bisa mengapung. Kemudian tentakelnya menggunakan motor listrik untuk melesatkan tubuh AirJelly ke udara dengan prinsip peristaltic propulsion.

Dalam sebuah video di YouTube, bisa dilihat demonstrasi gerakan AirJelly.
Gerakannya nampak anggun layaknya mahluk laut sungguhan. Tak hanya ke atas, ia juga bisa bergerak bebas dalam ruang tiga dimensi.
Dalam dokumen resminya, Festo mengatakan prinsip gerakan dalam air untuk diterapkan pada transportasi udara sudah lama jadi perhatian ilmuwan dunia.
Namun sangat jarang upaya mengembangkan gerakan mahluk air ke benda terbang.

"Bisakah gerakan ubur-ubur dalam air berfungsi sebagai prinsip propulsi untuk benda terbang? Dengan kata lain, mungkinkah suatu benda melayang di udara seperti ubur-ubur berenang di air?" sebut Festo menjelaskan pertanyaan di balik AirJelly.

Tentakel AirJelly tidak sama dengan yang dimiliki ubur-ubur asli. Justru rancangan tentakel ini adalah berdasarkan sirip ikan.

Untuk bergerak bebas, tak hanya naik-turun, AirJell menggunakan pendulum di bagian atas. Gerakan pendulum akan menggeser pusat massa AirJelly sehingga tubuhnya akan bergerak sesuai perubahan itu.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes