Sabtu, 29 Januari 2011

Veyron, Sportcar Dengan Kekuatan Sepertiga Kecepatan Suara

Bugatti Veyron hanya akan diproduksi 300 unit saja di dunia. Top speed-nya juga 'menggoncang', yaitu 407 km/jam, dibuat di lintasan balap VW, Ehra Lessien. Meski bobot mobil ini hanya 1.872 kg, kemampuan pengeremannya patut diacungi jempol.

Cakram pada roda-roda Veyron yang terbuat dari serat karbon, mampu memberikan tekanan sampai 180 bars dan dikombinasikan dengan 8 piston monobloc calipers dan titanium piston dengan kepala baja dan keramik yang tahan panas.


Menurut Rowan Atkinson, Pemeran Mr Bean, Bugatti berhasil menyajikan sebuah mobil bertenaga dahsyat namun tetap mudah sekali digunakan. " Di dalam Bugatti, Anda adalah kapten sebuah kapal perusak, dengan ratusan taruna yang siap melakukan permintaan anda seperti bergegas ke Mesir". "Bahkan Veyron sebenarnya seperti permainan komputer, jika anda kecelakaan, semua akan baik-baik saja dengan menekan tombol reset" tambah Rowan.

Tahun ini volkswagen merilis Bugatti Veyron Grand Sport Grey Carbon, merupakan edisi khusus kedua yang disajikan oleh produsen hypercar tersebut tahun ini di pameran mobil Geneva.
Bagian atas Bugatti Veyron Grand Sport Grey Carbon, termasuk pintu-intu dan panel samping, terbuat serat karbon berwarna kelabu gelap, sementara bagian bawahnya terbuat dari aluminium poles.
Lubang gril masuk udara bagian bawah 'special edition' tersebut memiliki material senada, aluminium poles, sementara velek rodanya sama dengan milik Bugatti Pur Sang. Logo EB dan seluruh sekrup terbuat dari aluminium dengan tampilan gemerlap. Bagian interior, dasbor, konsol tengah, jok dan panel interior, dilapis dengan kulit.



Butuh track khusus untuk pengujiannya.
Top Speed nya memang gila-gilaan, tetapi keepatan yang diklaim setara dengan 1/3 kecepatan suara itu tidak mungkin dicapai pada jalanan umum secara aman. Jangankan jalan umum, pengujian yang dilakukan oleh tim Bugatti bahkan membutuhkan track yang lebih panjang dari track balap pada umumnya.
Beberapa kandidat track yang tidak memenuhi standard keamanan pengetesan Veyron antara lain Nardo proving ground (track yang digunakan Ferrari, Maserati, dll), autobahn di Jerman, Daytona, Indianapolis dan Talladega. Hanya ada satu track yang memenuhi kriteria aman untuk menguji kecepatan Veyron yaitu Ehra-Lessien, proving ground yang digunakan Volkswagen di Jerman.


Meninggalkan pesaing di kelasnya
Veyron adalah mobil terbaru dan tercepat karya Bugatti dengan banderol $1,400,000. Mobil dengan performa sekelasnya antara lain McLaren F1 dengan top speed of 240 mph, Ferrari Enzo (217 mph), Lamborghini MurciƩlago LP670-4 SV (213 mph), dan Porsche Carrera GT (205 mph). Namun tetap Veyron meninggalkan keempat pesaingnya.
Hal lain yang membuat Bugatti Veyron begitu fenomenal selain top speednya adalah mesin Quad-turbocharged DOHC 64-valve W16, 1001 Horse Power dan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 2.5 detik yaitu 1 detik lebih cepat dibandingkan Nissan GT-R yang legendaris dengan catatan terbaiknya 0-100 km/jam dalam 3.5 detik. Performa puncak-dunia tersebut harus diganjar dengan konsumsi BBM yang juga fenomenal, yaitu 3.45 km/Liter

Bukan hanya paling cepat, tapi juga mewah
Seolah mau merebut semua mahkota, Bugatti mendandani Veyron tidak kalah hebat dengan performa mesinnya. Bugatti mengeluarkan tipe menggandeng designer terkenal, Hermes untuk meluncurkan satu tipe spesialnya. Balutan kulit dipilih sesuai dengan aksen warna pada body luarnya sehingga menimbulkan kesan menyatu dan mewah.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes