Rabu, 11 Mei 2011

Toyota Siapkan Robot Saingan Untuk Asimo

Robot Asimo hasil ciptaan pabrikan asal Jepang Honda Motor Co. sudah tak asing di mata konsumen otomotif Indonesia karena beberapa kali tampil dalam ajang IIMS. Kini, Asimo yang menggemaskan itu mendapat saingan dari Toyota Motor Corp. (TMC) yang memperkenalkan empat robot.

Keempat robot ini diciptakan dengan konsep sebagai pendamping pribadi manusia dalam kesehariannya. Semuanya memiliki keunikan dan fungsi yang berbeda satu sama lainnya.

Robot pertama, menyerupai manusia dewasa dengan kedua tangan bisa berfungsi untuk berbagai tugas. Termasuk meniup terompet dan dapat menuntun orang lanjut usia.

Kedua, tidak punya kaki, hanya berupa roda, tetap ada tangan. Bisa berputar tanpa memerlukan area yang luas dan diciptakan untuk kegiatan manufaktur di pabrik. Seperti dikatakan pihak TMC yang dikutip autoevolution.com (10/5/2011), robot jugaa dapat bermain trompet.

Robot ketiga, lebih berperan sebagai alat transportasi pribadi yang bisa menggendong layaknya tandu dilengkapi dengan dua kaki. Seseorang bisa duduk di atasnya dan diantar ke mana saja.

Terakhir, kombinasi dari ketiga robot di atas. Tubuhnya lebih kecil mengenakan pakaian khas Jepang (Kimono). Diciptakan untuk meneliti sistem operasional kabel yang akan digunakan untuk produk robot lainnya.


Sementara itu, Baru-baru ini Toyota Motor Corp diserang oleh badai recall mobil di Amerika, yang tentunya bikin pusing. Tak ingin berlarut dalam masalah itu, Toyota membuat robot pasangan yang berguna sebagai asisten pribadi manusia.

Seperti dilansir Autoevolution, produsen mobil Jepang tersebut mengumumkan, kalau mereka telah menciptakan sebuah robot pasangan tersebut tidak hanya satu, tapi empat jenis robot! Pertama adalah walking robot, robot yang bisa berjalan dan siap membantu para orang tua. Jalan-jalan adalah tugasnya. Dengan dua kaki dan mampu menjalankan tangannya untuk melaksanakan berbagai tugas. Hebatnya lagi, ia juga bisa memainkan terompet.



Kedua, rolling robot. Yang bisa dipekerjakan di pabrik pusat perakitan, mungkin nantinya bisa membantu membuat mobil-mobil Toyota yang bebas recall. Ia bekerja dengan sangat cepat tanpa memerlukan banyak ruang. Dia juga bisa memainkan terompet.

Ketiga, adalah robot transportasi, yang bisa membawa para penumpang kemana saja mereka hendak pergi. Tapi sayangnya, robot yang satu ini tidak punya tangan dan mulut, jadi tidak bisa memainkan terompet.

Robot terakhir adalah kombinasi dari ketiga robot sebelumnya. Ia lebih pendek dari yang pertama, memiliki kaki, namun tidak memakai gaun seperti yang kedua, dan bukan menyerupai manusia seperti yang ketiga. Dibangun untuk sebuah penelitian Toyota.

Sekarang pertanyaannya, apakah produk ini diciptakan untuk pengalihkan perhatian dari Toyota ketika di Amerika Serikat sedang menghadapi penarikan kembali (Recall) jutaan unit mobil ? Dari berbagai sumber

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes