Senin, 23 Mei 2011

Tajikistan Bangun Masjid Terbesar Di Bumi

Berencana menjadi pusat budaya dan sejarah Islam terbesar di Asia Tengah dan di dunia, Tajikistan akan membangun salah satu Masjid terbesar di dunia.
"Masjid ini akan mengakomodasi sekitar 150.000 orang," ujar juru bicara kepresidenan Tajikistan dalam sebuah konferensi pers yang dikutip oleh situs The Financial, Minnggu 22 Mei.
"Pembangunannya diharapkan akan dimulai pada bulan Oktober."
Ia mengatakan bahwa Presiden Emomali Rakhmon mengunjungi Dubai pada tanggal 26 September setelah berpidato pada sesi ke-64 di hadapan Majelis Umum PBB, untuk lebih mendalami proyek tersebut.
Dibiayai oleh Qatar dan Uni Emirat Arab, Masjid itu akan siap untuk digunakan pada tahun 2014.
Bercermin pada arsitektur tradisional Tajikistan, Masjid tersebut akan dibangun di atas lahan seluar 7.5 hektar di tengah ibukota Dushanbe.
"Masjid ini akan dihiasi dengan menara yang sangat besar, tujuh kolom berwarna yang merangkum tujuh tahapan Tuhan menciptakan dunia dan tujuh gerbang menuju surga, juga sumber air dan air terjun yang memperlihatkan Tajikistan sebagai sebuah negara yang memiliki air murni," ujar juru bicara tersebut, menambahkan bahwa Masjid itu akan dibangun oleh perusahaan Emirat, Adnan Saffarini.
Ia mengatakan bahwa proyek yang didanai oleh Qatar ini didesain untuk menjadi pusat budaya dan sejarah Islam yang besar.
Tempat ibadah kaum Muslim itu akan dilengkapi dengan ruang-ruang konferensi untuk pertemuan tingkat tinggi. Tak ketinggalan pula sebuah perpustakaan dan museum.
Proyek besar ini juga akan membangun sebuah universitas Islam di samping Masjid.
Tajikistan, salah satu dari lima negara Asia Tengah bekas Uni Soviet, memperoleh kemerdekaannya di tahun 1991.
Muslim mencakup hampir 90% dari seluruh penduduk Tajikistan yang berjumlah 7.2 juta dengan 249 Masjid dan 18 institusi pendidikan Islam, namun merupakan sebuah negara sekuler dengan jaminan kebebasan beragama dalam konstitusinya.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes