Rabu, 25 Mei 2011

Taizo, Robot Ramah Yang Akan Menuntun Para Manula Berolahraga

Jepang memang telah dikenal dengan berbagai temuan teknologi robotnya.
Kali ini, para perancang robot dari National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) di Jepang memperkenalkan robot humanoid terbaru yang dirancang untuk menuntun para manula melakukan olahraga ringan atau latihan fisik.

Data statistik terbaru di Jepang menyebutkan populasi manula di negeri Sakura tersebut telah membludak hingga lebih dari 40.000 orang.

Para manula ini tentunya membutuhkan perawatan kesehatan ekstra. Untuk membantu tim medis dan panti-panti jompo dalam merawat manula.
Para ilmuwan dari AIST tergerak untuk menciptakan sebuah robot bernama Taizo yang berfungsi melatih para manula melakukan gerakan olahraga ringan agar tubuh mereka bisa tetap bugar.

Dengan gaya pakaian ala astronot berbahan beludru, Taizo selalu tampil dengan wajah lucu dan tersenyum.
Para perancangnya berharap, tampilan khas Taizo yang ramah ini akan menarik perhatian para manula dan merangsang mereka agar mau menirukan setiap gerakan Taizo.
Latihan fisik ini tentunya berguna bagi para kalangan lansia yang umumnya pergerakan mereka sudah banyak berkurang.
Untuk menarik greget para lansia, Taizopun memiliki design yang cukup menarik. Senyum lebar terpampang di wajahnya dengan hidung, mata dan kepala yang nyaris bulat menggemaskan.

Ubergimo memberitakan bahwa, dalam tubuh robot dengan tinggi 70 cm ini terdapat sebuah perangkat dengan bobot tujuh kilogram yang berfungsi sebagai pengatur gerak robot ketika memberikan instruksi latihan olahraga.

Perangkat ini membuat Taizo mampu mendemonstrasikan 30 gerakan berbeda yang ditampilkan secara halus dan tidak kaku. Taizo pun bisa mempengaruhi para manula agar mau mengikuti gerakannya.

Taizo yang ditenagai baterai tunggal yang dapat diisi ulang ini memiliki daya tahan operasi selama dua jam. Meski keahlian bahasa Taizo adalah bahasa Jepang dasar, namun para manula bisa memahami perintah dan petunjuk yang diutarakan Taizo untuk menirunya ketika memimpin sebuah kelompok dalam melakukan latihan fisik.

Rencananya, para pengembang Taizo akan segera meluncurkan robot ini ke pasaran dengan harga sekira USD8.000 per unit.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes