Jumat, 11 Maret 2011

Rambut Lembut & Kuat dengan Masker Telur Buatan Sendiri

Jika Anda mengalami 'bad hair day' sepanjang pekan, itu tanda rambut membutuhkan perawatan ekstra. Jangan biarkan rambut sulit diatur, kusam dan kering terlalu lama. Manfaatkan telur untuk mengembalikan keindahan rambut.

Gunakan masker berbahan telur.
Kandungan protein yang tinggi dalam telur melembutkan tekstur rambut dan memperkuat akarnya. Perawatan ini cukup murah karena Anda bisa membuatnya di rumah. Berikut cara praktis membuat masker rambut berbahan telur:

1. Masker telur
- Campur dua butir telur lengkap kuningnya, dengan dua sendok makan air. Aduk hingga tercampur rata
- Basahi rambut dengan air. Aplikasikan langsung telur pada rambut sambil beri pijatan ringan.
- Diamkan selama sekitar 15 menit, kemudian bersihkan dengan sampo berbahan lembut.
- Pastikan rambut benar-benar bersih dari telur dan tidak beraroma amis.

2. Masker telur dengan minyak zaitun
- Campur dua butir telur dengan lima sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga berbentuk busa.
- Basahi rambut dengan sedikit air, kemudian aplikasikan telur yang sudah berbentuk foam ke seluruh rambut.
- Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama sekitar 30 menit agar minyak meresap ke dalam akar rambut.
- Bersihkan rambut dengan sampo berbahan lembut.

Lepas dari masker telur, Anda bisa saja memilih produk terbaik atau termahal untuk rambut. Tetapi ingat, penggunaan yang salah tidak akan memberikan hasil maksimal. Bahkan, tak jarang justru merusak rambut.

Ketahui empat kesalahan umum penggunaan produk penataan dan perawatan rambut demi hasil maksimal:

Sampo
Memiliki rambut yang senantiasa wangi tentu terasa segar dan percaya diri. Demi rambut wangi, orang biasanya keramas setiap hari. Padahal, ini justru akan membuat rambut kering, lemas, dan menipis. Idealnya, cukup keramas dua hari sekali, jika tidak terlalu berkeringat.

Lalu, jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan produk penataan rambut, gunakanlah sampo jenis 'clarifying' untuk membersihkan residu di kulit kepala. Tidak membersihkannya, bisa membuat kulit kepala tidak sehat dan rambut mudah rontok.

Conditioner
Rambut masih terlihat kering dan kusam meski sudah menggunakan conditioner? Mungkin Anda menggunakannya terlalu banyak. Idealnya, penggunaan conditioner tidak lebih dari dua sendok teh, kecuali rambut sangat panjang.

Penyebab lain, mungkin Anda tidak mengaplikasikannya secara merata. Jangan pula menempelkan conditioner di kulit kepala, karena justru bisa menyumbat akar rambut serta membuat kulit kepala terasa gatal dan berminyak. 

Hair spray
Cairan untuk menjaga tatanan rambut ini biasanya mengandung alkohol dan polimer. Beberapa tipe alkohol ada yang memiliki efek positif pada rambut, tetapi tidak untuk yang mengandung ethanol karena bisa merusak rambut.

Penggunaan hair spray yang berlebihan bisa menghilangkan kesegaran rambut dan membuatnya tampak kusam. Menggunakannya lebih dari satu atau dua kali seminggu dapat menyebabkan penyumbatan akar rambut dan mengotori kulit kepala.

Hair gel
Penggunaan gel rambut yang terlalu banyak atau terlalu sering akan membuat rambut kehilangan kilau dan tampak rapuh. Gel rambut hanya bekerja pada permukaan yang membuat rambut tetap tertata, tetapi jika digunakan berlebihan dapat membuat rambut Anda terlihat kusam dan berkerut.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes