Jumat, 25 Februari 2011

Rocketman, Perkawinan Gaya Klasik Dan Teknologi Futuristik

Produsen mobil asal Inggris - kini berada di bawah payung Bayerische Motoren Werke (BMW) - MINI, selama ini identik dengan mobil kecil yang bergaya klasik. Namun, anggapan seperti itu segera berakhir.

Pasalnya, pada Pameran Mobil Geneva yang dibuka minggu depan, grup BMW akan menghadirkan konsep mobil premium kecilnya, yaitu Mini, yang diberi nama Rocketman.
Mini konsep ini dihadirkan dengan mengawinkan unsur klasik Mini dengan teknologi mutakhir dan tren desain masa kini dan mendatang.

Semua itu bisa dilihat dari penampilan utuh mobil ini. Konsep baru pada desain eksteriornya diharapkan akan memberi napas baru pada Mini yang ditargetkan menjadi bagian gaya hidup orang-orang di kota besar di masa mendatang.

"Konsep anyar itu panjangnya kurang dari 3,5 meter dengan formasi tempat duduk 3+1 dan menggunakan tiga pintu (dua di samping dan satu di belakang)," sebut laman thegreencarwebsite.co.uk, Kamis (24/2).
Selain menawarkan konsep desain apik yang mencerminkan gaya hidup perkotaan yang ringkas, dinamis, dan efisien, mobil ini juga menawarkan jawaban atas tuntutan lingkungan yang ada saat ini: irit bahan bakar. Mini mengaku, seluruh bagian bodi dan kerangka bodi menggunakan bahan dari serat karbon.

Menariknya seluruh kerangka bodi itu terlihat dari luar, sehingga memunculkan kesan mobil tersebut transparan. Itulah kesan futuristik dari aspek desain.

Satu hal yang patut diingat, kehadiran Rocketman ini merupakan wujud dari gebrakan Mini di pasar mobil global sesuai dengan tren yang ada. Tren itu adalah, semakin meningkatnya jumlah konsumen usia muda di berbagai belahan dunia dan tuntutan lingkungan hidup.



3-Pintu

Untuk interior, Mini menyebut konfigurasi barunya dengan 3 + 1. Si Montok yang panjangnya cuma 3,419 meter, dirancang dengan tiga pintu, dua di samping dan satu di belakang. Pintu belakang, rancangannya unik, terdiri dua bagian, yang lebih lebar membuka ke atas dan bagian kecil (di bawah) menjulur ke luar.

Tak kalah menarik adalah konsep membuka pintu samping dengan menggunakan dua engsel di depan. Dengan nini, pintu bisa dibuka lebih lebar, memudahkan penumpang dan pengemudi masuk ke interior.

Teknologi baru lain adalah konstruksi rangka ruang dari karbon yang bisa dilihat langsung dari luar mobil, terutama dari depan. Dengan ini pula bobot mobil jadi ringan. Mini menargetkan, konsumsi bahan bakar hanya 3 liter untuk 100 km atau 33 km/liter. Hebat!

Penampilan si kecil ini makin gaya dan sporty dengan roda 18 inci plus lampu depan bulat besar, ciri klasik khas Mini—menyatukan semua lampu utama dan sein. Sekeliling gril dikrom untuk memperkuat kesan eksklusif si Mini ini.

Di belakang., semua lampu juga disatukan, yaitu rem, sein, dan mundur dengan mengunakan teknologi LED. paling menarik dari semua itu adalah atap transparan yang bisa menghasilkan cahaya membentuk bendera Inggris, Union Jack.


Grafik 3D

Interior, jok dirancang dengan pengaturan untuk berberapa posisi. Tujuannya agar pemiliknya bisa mendapatkan kenyaman bila mobil ditumpangi dua atau tiga atau sampai empat orang. Interior dilapisi kulit plus kombinasi permukaan tertentu dengan cat mengilap dengan sandaran tangan dengan strip kertas khusus. Fitur teknolologi masa kini yang menarik adalah trackball pada setir, speedometer dengan grafik efek 3D.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes