Jumat, 25 Februari 2011

Bentengi Kulit dari Jerawat dengan Paprika

Paprika (Capsicum annuum L.) adalah tumbuhan penghasi buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae). Buahnya yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Dalam pengertian internasional, paprika dipakai untuk menyatakan hampir semua varietas C. annuum, termasuk yang pedas. Nama-nama tertentu, seperti pepperoni,
diberikan untuk paprika dengan ciri penampilan, penggunaan, atau rasa yang khas.
Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, sekarang tersebar luas dan dibudidayakan di hampir semua daerah tropika dan subtropika.
Ingin tahu manfaat paprika untuk kesehatan Anda. Sayuran yang biasanya digunakan sebagai campuran bumbu masak ini ternyata kaya vitamin, bahkan diyakini bisa menjadi obat untuk berbagai jenis penyakit.

Paprika atau juga disebut capsicum ini berasal dari Amerika Selatan. Karena banyak manfaat, kemudian dikembangkan di berbagai negara, termasuk Indonesia, tepatnya Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Sayuran ini terdiri dari berbagai warna, seperti merah, kuning, dan hijau. Berikut ini diuraikan apa saja manfaat dari paprika untuk kesehatan, diberitakan dari laman Times of India.

Mata dan kulit
Mengkonsumsi paprika akan membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah ruam dan jerawat. Paprika yang mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit mata sekaligus mencegah penyakit mata datang lagi.

Mencegah kanker
Paprika mengandung senyawa lycopene, tapi dalam jumlah yang lebih kecil. Lycopene mampu membunuh sel-sel kanker mulut. Peningkatan intake lycopene menunjukkan penurunan risiko kanker payudara, kanker prostat, pankreas, dan kanker colorectal.

Mengobati keseleo

Capsaicins senyawa yang terkandung dalam paprika juga mengandung banyak manfaat. Bisa mem-blok transmisi rasa sakit dari kulit ke sumsum tulang belakang dan mencegah sensasi rasa sakit. Ini sangat membantu dalam mengobati penyakit yang terkait dengan nyeri termasuk keseleo.

Membakar kalori
Mengonsumsi paprika mempercepat metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Konsumsi paprika juga mengurangi berat badan karena diet lemak tinggi. Hal ini juga menyebabkan sekresi cairan pencernaan dan mencegah gangguan alat cerna.

Rambut

Ekstrak paprika adalah salah satu penyubur rambut terbaik sekaligus menumbuhkan rambut baru. Paprika juga akan mencegah kerusakan mahkota Anda sekaligus membantu mempertahankan rambut tetap tebal.

1 komentar:

najwa's mengatakan...

lada benggala eh?

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes