Jumat, 04 Februari 2011

13 April 2036 Kiamat Bagi Bumi??

Keberadaan asteroid Apophis sudah diketahui sejak penemuannya pada 19 Juni 2004. Juga bahwa ia melintas dekat dengan Bumi.

Namun, baru-baru ini muncul sebuah laporan mengejutkan dari Rusia. Para astronom Rusia memprediksi asteroid Apophis akan menabrak Bumi 35 tahun mendatang. Tepatnya 13 April 2036.

Seperti diberitakan RIA Novosti, Profesor Leonid Sokolov dari St Petersburg State University memperkirakan, pada 13 April 2029, Apophis akan mendekat Bumi dengan jarak 37.000 hingga 38.000 kilometer. Dan akhirnya menabrak Bumi di tanggal yang sama di tahun 2036. Badan Antariksa Rusia pun  telah mengantisipasi hal ini.

"Apophis akan mencapai Bumi dalam jarak 37 ribu hingga 38 ribu kilometer pada 13 April 2029. Sepertinya asteroid itu akan menabrak Bumi pada 13 April 2036," kata Profesor Leonid Sokolov.

Pernyataan ilmuwan Rusia didasarkan atas prediksi bahwa batu luar angkasa sepanjang 270 meter, atau lebih dari dua kali panjang lapangan sepak bola, akan melintasi apa yang disebut sebagai lubang kunci gravitasi saat melintas dekat Bumi pada 2029. Jika memang Apophis melewati 'lubang kunci' saat berdekatan dengan Bumi, diperkirakan Apophis akan kembali dan bisa memukul Bumi pada 13 April 2036.

Namun, Badan Antariksa Amerika Serikat membantah, bahwa itu berarti kiamat bagi Bumi.

"Secara teknis, apa yang dikatakan ilmuwan Rusia benar. Bahwa mungkin Apophis akan menabrak Bumi," kata kepala objek dekat Bumi NASA, Donald Yeomans, seperti dimuatSpace.com. Namun ditambahkan dia, kesempatan itu kecil, 1:250.000.

Dijelaskan Yeomans, situasi pada 13 April 2029, Apophis memang berada di dekat Bumi -- sekitar lima kali jari-jari Bumi.

"Memang cukup dekat, namun kami sudah mengenyampingkan asteroid itu bakal menabrak Bumi saat itu," kata Yeomans.

"Tugas kami adalah untuk memikirkan dan mengembangkan ragam rencana alternatif serta rancangan tindakan yang bergantung pada hasil pengamatan Apophis lebih jauh,"

Juga, kemungkinan Apophis melewati 'lubang kunci' yang lebih kecil dibandingkan besaran asteroid itu sangatlah kecil.

Skrenario yang lebih mungkin adalah, Apophis akan berada dalam jarak yang relatif dekat dengan Bumi pada akhir 2012 dan awal 2013. Saat itu pergerakannya akan terus diamati oleh teleskop Bumi dan sistem radar canggih.

Ilmuwan juga mengatakan, bagaimanapun kesempatan tabrakan pada 2036 sangatlah kecil dengan mengatakan bahwa asteroid sepertinya akan terpecah menjadi bagian-bagian kecil dan tabrakan dengan Bumi yang lebih kecil dapat terjadi pada tahun-tahun berikutnya.

Jika diperkirakan asteroid itu berdampak destruktif atau merusak, NASA akan membuat skema penyelamatan Bumi. Tujuannya,  mengubah orbit asteroid -- mengurangi kemungkinan tubrukan pada 2036 sampai titik nol.

Kata Yeomans, ada beberapa cara untuk mengubah orbit asteroid. Yang paling sederhana, mengirimkan pesawat ruang angkasa menuju batu langit yang meluncur itu. Teknik yang sama digunakan pada 4 Juli 2005 lalu saat pesawat Deep Impact ditabrakan ke komet, Tempel 1.

16 komentar:

Shikin mengatakan...

Salam,
Kak link ke blog akak ni..
semua itu perkiraan akal manusia tapi kita kena tengok apa yangAl Quran kata..dan tempoh perkiraan mengikut Al Quran..kak pernahdapat info nanti cari balik..boleh kita renung bersama

Reygard Skybird mengatakan...

itu hanya sebuah prediksi yang tidak pernah benar,...

Sesungguhnya manusia yang mendahuli kehendak ALLAH maka dia akan mendapat hukuman yang setimpal dari perbuatannya,.... seperti MAMA LAUREN yang suka mendahului kehendak ALLAH....

Annaz Aufa - www.reynaz.co.cc mengatakan...

Shikin : Memang Yang pasti Tu Al Qur'an , Tetapi Tanda" Hari Kiamat Sudah Banyak Yang Kita Lihat dengan Mata Qt Sendiri kan,,??
Kita Sebagai Umat Islam Harus saling Mengingatkan Tentang HAri Kiamat, cz Salah Satu Tanda Kiamat Itu Manusia Sudah Tidak ada Yang saling MEngingatkan Soal Hari Kiamat,.,

Kang Helmy mengatakan...

Makanya yang belum nikah segera nikah, yg belum punya baby segera bikin, biar di akhirat nggak nyesel..... he..he.. (Canda), yg penting apapun beritanya kita harus intropeksi, sudah baikkah ibadah, perbuatan, perkataan dsb, buat bekal itu. Sip deh... bagus infornya.

Annaz Aufa - www.reynaz.co.cc mengatakan...

Kang HelMi : Se delapan Ama Kang helMi,, Eh setuju maksudnye,, :)

LadyM mengatakan...

Hello friend was here happy weekend :)

bjay69 mengatakan...

hanya Allah yang tahu..

ZuXuZ mengatakan...

Aq Masihh muda jangan dulu dechhhh

StarGames mengatakan...

We wish you the best luck and have a nice day!

The StarGames and WMS Teams

New Trik Tips Komputer mengatakan...

ngeri juga ya ,.,.!!!
untung mash lama, jdi msh ada wktu bwat nabung amal

Dhana/戴安娜 mengatakan...

saam sahabat
wah ada fenomena kiamat lagi yach semoga aman aja dech makasih n maaf telat

Tebinfea mengatakan...

Hello dear friend.
Storm still.
Rain
and 10 °.
Good weekend.
Teb.

gatelband mengatakan...

1 lagi yang menyesatkan .....

Syaifullah Arifin mengatakan...

Kalau saya tidak percaya sobat dengan hal yang seperti ini...

semuanya kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa... hari inipun dia bisa menghancurkan bumi dan menjadikan kiamat jika ia mengkehendaki...

semoga kita semua semakin dalam imannya...

Tebinfea mengatakan...

Hello my friend
Calais Rain and wind.
Good week for you.
Happy Monday.
Teb.

Tintin mengatakan...

Wallaju A'lam

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes