Rabu, 30 Maret 2011

Ilmuwan Kembangkan Robot Luwes Serupa Gurita Asli

Seiring perkembangan teknologi robotik, kian beragam wujud robot yang berhasil diciptakan. Kali ini, ilmuwan mengembangkan robot gurita.

Ilmuwan mengklaim robot ini sangat mirip gurita asli. Sepeti apa?

Dikatakan tim pengembang robot di Reading University, Reading, Berkshire, Inggris, robot gurita ini diharapkan bisa digunakan untuk membantu operasional bawah laut seperti pemeliharaan laut, penyelamatan terumbu karang dan pengambilan benda-benda seperti black box dari pesawat yang jatuh ke laut.

Tak seperti robot kebanyakan yang gerakannya cenderung kaku, robot gurita ini diklaim akan sangat luwes.

Pada sebuah percobaan yang direkam dalam video, tentakel atau tangan robot gurita ini tampak lentur membelit sebuah botol air mineral.

Ya, seperti diberitakan Ubergizmo, tangan gurita ini sengaja diciptakan tanpa rangka, sehingga gerakannya sangat mirip tangan gurita sungguhan yang tidak bertulang. Tangan-tangan itu juga dilapisi semacam alat penghisap untuk membantu meraih benda-benda agar mendekat.

Tim pengembang menyebutkan, masih cukup lama untuk menyelesaikan robot gurita ini. Mereka masih terus mengembangkan dan menambah fungsinya hingga siap dipakai nanti.

Namun sejauh ini, robot gurita tersebut tampak sangat menjanjikan untuk kepentingan operasional bawah laut. Berikut videonya

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes