Sabtu, 26 Februari 2011

Akses Internet Korsel Adalah Yang Tercepat di Dunia

Korea Selatan pantas disebut surga buat pengguna internet. Bagaimana tidak, kecepatan akses di sana jauh di atas kecepatan rata-rata di dunia.

Hasil analisis yang dilakukan Akamai mencatat, rata-rata kecepatan internet global 1,7 Megabits per detik (Mbps).

Sejumlah negara memang melampaui kecepatan itu. Namun, kota yang memiliki kecepatan akses paling cepat di dunia adalah Masan, Korea Selatan. Rata-rata 12 Mbps dan pengguna bisa mengunduh hingga 33 Mbps.

Tentu saja koneksi internet  Korea Selatan mengalahkan koneksi internet Amerika Serikat.

Bahkan, Diperkirakan akhir 2012, semua rumah Korea Selatan mendapatkan akses 1Gb/detik.

Pernyataan tersebut dilaporkan New York Times. Angka itu menjadi 10 kali lipat peningkatan standar nasional Korea Selatan serta 200 kali lebih cepat dari rata-rata koneksi rumah tangga di Amerika Serikat. "100 Mbps tersedia di Korsel, namun secara harga tidak bisa dijangkau oleh publik. Maklum, ongkosnya mencapai ratusan dolar AS per bulan," kata David Belson, Head of Market Intelligence Akamai.

Laporan Akamai ini sekaligus menunjukkan bagaimana jaringan mobile juga menuntut permintaan kecepatan data yang lebih besar.

Sekitar 83 dari 109 provider menawarkan kecepatan lebih besar dari 22 Mbps, 33 menawarkan 5 Mbps dan 6 provider 10 Mbps. Rata-rata kecepatan mobile global bervariasi, antara 105 Kbps hingga 7,2 Mbps. Uniknya variasi kecepatan ini juga bisa ditemui di Slovakia.

Negara-negara di Asia mendominasi kota-kota dengan akses internet tercepat di dunia. Dalam pemeringkatan dua puluh besar, didominasi oleh kota-kota di Korea Selatan dan Jepang.

Berikut daftar peringkat kecepatan akses internet:

1. Korea Selatan 12Mbps
2. Hong Kong 9Mbps
3.  Jepang 7.8Mbps
4. Romania 6.3Mbps
5. Latvia 6.3Mbps
6. Swedia 6.1Mbps
7. Belanda 5.9Mbps
8. Ceko 5.4Mbps
9. Denmark 5.3Mbps
10. Swiss 5.2Mbps.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes