Sabtu, 15 Januari 2011

Waspada!! Facebook Disusupi Aplikasi Palsu Simulasi Usia

Aksi kejahatan internet melalui Facebook kembali terjadi.
Kali ini mereka mencoba memperdayai para pengguna situs jejaring sosial itu melalui aplikasi yang bisa mensimulasikan penampilan user menjadi 20 tahun lebih tua.

Dalam aksi terbarunya, hacker mengirimkan pesan spam serta link yang mempromosikan aplikasi untuk melihat penampilan pengguna Facebook pada 20 tahun mendatang.

Jika diklik link tersebut akan membawa user ke halaman situs yang menampilkan gambar seorang gadis dengan simulasi penampilannya, 20 tahun lebih tua. Gambar tersebut disinyalir diambil dari layanan simulasi usia sungguhan beralamat di in20years.com.

User kemudian diinstruksikan untuk mengklik image yang ada untuk memulai proses simulasi.
Namun, sebelumnya, aplikasi itu akan meminta persetujuan user memberikan akses untuk bisa memposting pesan yang sama pada wall teman-teman mereka.
Tapi bukannya memberikan akses penggunaan simulasi yang dijanjikan, aplikasi tersebut justru meminta user mengisi sejumlah survei dengan dalih pengecekan antispam.
Survey itu nantinya digunakan untuk meminta informasi pribadi user, membeli berbagai macam barang atau mengikuti layanan premium untuk ponsel mereka, demikian seperti diberitakan Softpedia.

20years.com sendiri sejatinya adalah situs yang diklaim bisa memperkirakan secara akurat perubahan raut kulit muka seseorang, pria atau pun wanita, Dengan penggunaan teknologi pendeteksian wajah (face detection), cukup dengan cara membaca file foto yang kita upload ke situs tersebut.

User yang terpedaya dengan aksi scam ini bisa menghapus aplikasi ataupun situs mencurigakan melalui Privacy Setting dalam akun mereka.
Selain itu mereka juga disarankan memeriksa kembali posting yang ada pada wall mereka untuk menghapus setiap pesan spam yang ada

2 komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

Salam sahabat Wah harus waspada apa ini juga yg menjadikan Akan berakhirya FB ya?makasih infonya

Annaz Aufa mengatakan...

hal ter sebut sudah Biasa di dunia maya.. bahkan Buyutnya FB,, seperti Yahoo Email z masih bisa terkena spam..

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes