Selasa, 25 Januari 2011

Konsumsi Beragam Buah dan Sayuran untuk Kesehatan Mata

Ingin mata Anda sehat? Mulailah memperhatikan asupan nutrisi Anda, terutama dari buah-buahan dan sayuran yang kaya akan karotenoid.
Karotenoid banyak ditemukan di sayuran hijau dan buah-buah berwarna. Menurut penelitian yang dilaporkan pada Journal of Food Science1), konsumsi beta-karoten, terutama jenis lutein dan zeaxanthin, dapat meningkatkan kinerja organ penglihatan Anda. Lutein dan zeaxanthin berperan aktif untuk melindungi retina dan lensa mata, serta dapat mengurangi ketidaknyamanan karena cahaya yang terlalu terang.
Selain beta-karoten, antosianin yang terkandung di dalam anggur dan pomegranate pun dapat meningkatkan kinerja mata dan penglihatan di malam hari2). Karena manfaatnya dalam menjaga kesehatan mata, antosianin sangat berguna bagi orang-orang yang banyak beraktivitas di depan komputer atau televisi. Selain itu, vitamin C dan flavonoid yang terkandung pada jeruk, apel, dan jambu biji. pun dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mencegah timbulnya penyakit mata terkait usia seperti katarak dan macular degeneration3). Berikut adalah beberapa contoh buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Dengan mengkombinasikan berbagai macam buah dan sayur, Anda akan mendapat vitamin dan zat gizi yang baik bagi mata dengan lebih beragam. Jadi, tunggu apa lagi? Let’s eat more fruits and vegetables for your better vision!

1 komentar:

Serba Ter mengatakan...

Terimakasih untuk infonya kawan, terkadang pola makan ini kurang di atur, makan buah sesukanya dan seadanya aja.
padahal semuanya ada kaitannya dengan kesehatan.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes