Sabtu, 12 Maret 2011

Tsunami Jepang, Google Buka Layanan Pencarian Orang Hilang

Menyusul gempa bumi dahsyat dan tsunami di wilayah Jepang, Google segera meluncurkan webpage untuk membantu masyarakat mencari teman dan sanak saudara mereka.

Layanan Person Finder ini tersedia dalam bahasa Inggris maupun Jepang. User bisa meminta informasi tentang
sanak saudara dan teman mereka, ataupun mem-posting informasi yang mereka miliki tentang keberadaan seseorang. Demikian seperti diberitakan ZDNet.

Para pengembang bisa meng-embed aplikasi itu menggunakan kode pada link (http://japan.person-finder.appspot.com/?lang=en).

Saat berita ini ditulis, Person Finder tercatat sudah memiliki sekira 2.000 record

Selain itu Google juga telah menyiapkan halaman crisis response guna membantu masyarakat mencari informasi.

Sebelumnya, Google pun turut memberikan peringatan kepada wilayah lain yang berpotensi mengalami bencana serupa. Google telah memberikan peringatan yang dipublikasikan melalui mesin pencariannya (Google Search). Peringatan itu berupa kalimat yang menunjukkan daerah-daerah yang kemungkinan akan dilanda bencana imbas dari tsunami Jepang, termasuk Indonesia.

"Tsunami Alert for New Zealand, Philippines, Indonesia, Papua New Guinea, Hawaii, and others. Waves expected over the next few hours, caused by 8.9 earthquake in Japan," tulis peringatan Google yang terletak di bawah kolom pencarian, kemarin.

Berdasarkan laporan The Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii, beberapa negara juga harus wapada dengan tsunami susulan. Negara yang wajib ekstra waspada adalah Rusia, Marcus Island, dan Marianas Utara.

Badan meteorologi Jepang mengingatkan bahwa tsunami setinggi 6m juga bisa menerjang pantai dekat prefektur Miyagi, terdekat dengan pusat gempa. Badan itu mengatakan gempa terjadi pukul 14:46 pada (13:46 waktu Singapura) Jumat di kedalaman 10 km, sekira 125 km lepas pantai timur.

Akibat tsunami tersebut banyak bangunan dilaporkan hancur. gempa juga mengakibatkan terbakarnya kilang minyak di wilayah Honshu.

Ini merupakan terdahsyat ke-7 yang terjadi sepanjang sejarah, sejak 1900.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes