Minggu, 20 Februari 2011

BMW Luncurkan Motor Turing Gahar Dengan 6 Silinder Yang Fantastis

Niatan BMW untuk kembai menghidupkan sepeda motor 6 silinder yang dicetuskan lewat Concept 6 tahun lalu akhirnya diwujudkan melalui model terbarunya yang diberi nama K1600 GT dan K 1600 GTL.

Sepeda motor turing ini mengusung mesin 6 silinder berkonfigurasi sejajar dengan keluaran daya sebesar 160 bhp pada 7.750 rpm dengan kekuatan puntir 175 Nm pada 5.250 rpm. Berkat silindernya yang berjumlah 6 unit, 70% dari torsi maksimumnya, sudah diraih pada 1.500 rpm sehingg sangat nikmat untuk diajak turing jarak jauh. 

Dengan mesinnya yang memiliki bobot 102,6 kg, menjadikannya sebagai mesin 6 silinder sejajar paling kompak dan paling ringan di kelas mesin sepeda motor berkapasitas di atas 1.000 cc.

Ukurannya yang kompak, disumbang oleh penggunaan diameter silinder 72 mm yang memiliki jarak antar silinder hanya 5 mm sehingga blok mesin 6 silinder ini memiliki lebar hanya 555 mm.

Seperti pada mesin 4 silinder sejajar milik K 1300 Series, sumbu silindernya memiliki kemiringan 55 derajat untuk mendapatkan pusat gravitasi yang lebih rendah dan keseimbangan distribusi bobot, sekaligus mendapatkan pendinginan intake yang lebih baik di atas mesin. Dengan mesin yang ringan, total bobot BMW K 1600 GT mencapai 319 kg, sementara GTL mencapai 348 kg. Masih cukup berat memang, tetapi kita bicara motor turing dan bobot segitu merupakan yang paling ringan di kelasnya.


Sepeda motor ini juga mengadopsi teknologi paling gress dari BMW. Di samping lampu utama berfiturAdaptive light control option yang mampu meningkatkan keselamatan secara signifikan saat menyusuri jalan berliku di malam hari, tunggangan ini juga dibekali pengendali throttle berfitur ride-by-wire system.

Mesin ini juga memiliki tiga pilihan mode: Rain, Road dan Dynamic yang dikonbinasikan dengan fiturDynamic Traction Control yang dapat disuaikan dengan kondisi perjalanan.

Fitur tambahan berupa Electronic Suspension Adjustment II (ESA II) memungkinkan pengendara melakukan penyetelan kekerasan rebound-damping pada pegas depan maupun belakang, serta penyetelan preloadpada pegas bagian belakang. 

Pelindung terpaan angin transparan pada K 1600 juga dilengkapi penangaturan secara elektris dengan fungsi memori, sementara bagian 'dasbornya', sanggup mengakomodir gadget seperti MP3/USB dan iPad.

Layar LCD berwarna berukuran 5,7 inci merupakan bagian dari panel instrumen yang dapat beradaptasi secara otomatis dengan cahaya lingkungan di sekitar, dan untuk mengakses seluruh sistem tersebut, BMW menyediakan tombol multi controller di bagian setang kemudi sehingga pengendara tak perlu mengalihkan pandangan dari jalanan di depannya.

Semenatar itu, Program pre-sale untuk tourer raksasa ini dijadwalkan akan diumumkan oleh BMW divisi Amerika Utara pada 28 November mendatang. "Respon positif terhadap program pre-sale kami penting untuk menjaga reputasi dealer kami dan keyakinan konsumen terhadap teknologi dan kualitas yang dimiliki BMW." ujar Marketing Manager BMW Motorrad USA, Tod Andersen.

Untuk satu unit BMW K 1600 GT dibanderol $ 20.900 (Rp. 185 juta) dan BMW K 1600 GTL $ 23,200 (Rp. 206 juta).



Tak hanya itu, Terdapat beberapa paket yang ditawarkan untuk kedua model tersebut. Paket standar yang ditawarkan pada BMW K 1600 K seperti GPS, ESA II (Electronic Suspension Adjustment II) dan paket keselamatan yang meliputi lampu Xenon, Traksi kontrol dinamis, indokator tekanan ban. Untuk paket ini dipatok harga $ 23,045 (Rp. 205 juta).

Sementara itu terdapat paket premium yang ditawarkan untuk kedua model tersebut seperti audio sistem, iPod/USB terintegrasi,3.5mm Aux input, GPS dan paket mewah yang didalamnya terdapat ESA II, sistem pengunci sentral dan alarm anti pencurian. Untuk itu BMW K 1600 GT dikenakan harga $ 24.540 (Rp. 218 juta) sedangkan BMW K 1600 GT (Rp. 229 juta).

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes