Rabu, 09 Maret 2011

Pesona Keajaiban Taman Patung Bawah Laut di Meksiko

Pematung Inggris Jason de Caires Taylor menciptakan suatu keajaiban di Taman Laut Punta Cancún, Isla de Mujeres, dan Punta Nizuc, di Cancun, Meksiko.

Di perairan lepas pantai tersebut, ratusan patung-patung seukuran manusia siap seperti penampakan hantu 27 meter di bawah permukaan. Barang-barang ini  ini menjadi wahana tambahan terbaru atas museum bawah air baru di Taman Laut Nasional Cancun.


Dalam sebuah proyek yang dinamakan "The Silent Evolution", Taylor menciptakan sebuah taman patung bawah laut, yang juga berfungsi sebagai terumbu karang buatan.

Taylor seperti menyulap laut menjadi galeri seni dengan menempatkan 400 figur patung, yang mengambil model dari penduduk setempat. Seperti diberitakanGuardian, selain untuk menarik minat wisatawan, proyek ini juga bertujuan melestarikan habitat laut.

Taylor menjelaskan, selama ini terumbu karang alami di sekitar Cancun mengalami kerusakan akibat pencemaran dan eksploitasi ikan. Terumbu karang buatan ini pun diharapkan dapat 'mengistirahatkan' terumbu karang alami akibat kunjungan 750.000 ribu turis setiap tahunnya. Patung-patung tersebut juga diharap dapat membantu produksi terumbu karang dan menarik berbagai binatang air ke Cancun.

Patung-patung dibuat dari khusus jenis semen yang 10 kali lebih keras dari jenis normal dan memiliki pH netral, yang menguntungkan bagi karang. Patung-patung diperkuat oleh fiberglass kaku dengan sifat mirip dengan karang sehingga mereka tetap di tempat.

Untuk menempatkan patung-patung di kedalaman dasar laut 10 meter, maka dibutuhkan pengeboran bor khusus, menyatu dan berat lebih dari 120 ton, diharapkan bahwa terumbu yang baru akan dapat bertahan dari badai dan angin topan yang secara teratur menghantam daerah tersebut.

Variasi ikan dan makhluk laut lain di Laut Karibia pun akan terjaga kelestariannya di habitat buatan ini.

"Ini sebuah pameran yang tidak akan pernah membosankan, karena ditakdirkan untuk menjadi yang selalu berubah," ujarnya.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes