Jumat, 25 Februari 2011

Makanan Enak Bin Lezat Pencerah Penglihatan Mata

Pengelihatan mulai kabur? Kesulitan melihat detail-detail yang ada di depan kita? Atau bahkan melihat garis lurus nampak bergelombang?  Jangan biarkan pertambahan usia merampas organ pengelihatan kita. Cegah degenarasi makula sedini mungkin dengan memperbanyak asupan akan “si hijau”.
Degenerasi makula adalah sebuah kondisi
dimana makula (bagian vital pada retina yang memungkinkan kita melihat detail-detail halus) mengalami kemunduran, yang berakibat pada penurunan ketajaman pengelihatan kita.

Dan penelitian terbaru mengenai kesehatan mata pada 10.500 orang, yang  menemukan angka penderita age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula yang berkaitan dengan umur, mengalami pelonjakan besar hanya dalam kurun waktu 8 tahun, dari 5 menjadi 27% pada orang diatas umur 65 tahun.
Apa pemicunya? Paparan sinar biru dari matahari penyebabnya. Sinar ini mampu menembus hingga bagian belakang bola mata kita, dan menyebabkan kerusakan makula hingga lensa pengatur fokus cahaya. Oleh sebab itu, para ahli kesehatan mata berpendapat, senyawa karotenoid dalam sayuran hijau mampu berkonsentrasi dalam menjaga makula, dengan menyerap sinar-sinar yang merusak tersebut.

Sebuah penelitian juga menyebutkan, orang yang mengonsumsi sayuran kaya karotenoid, dilaporkan memiliki risiko terkena AMD lebih kecil hingga 43% dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi makanan jenis ini.

Jaga kesehatan mata dengan vitamin-vitamin OCELA. Apa saja itu?

Omega-3 Asam lemak yang terkandung dalam minyak ikan ini berfungsi menyehatkan retina dan mencegah peradangan pada mata. Kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi ikan atau suplemen minyak ikan.

Vitamin C Merupakan antioksidan kuat yang mampu membantu mencegah katarak. Terkandung dalam sebagian besar buah-buahan seperti jeruk, jambu, kiwi, stroberi, apel, dan lainnya.

Vitamin E Juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel mata dan menangkal penuaan dini pada mata. Kita bisa mengonsumsi alpukat, bayam, susu, telur, kacang-kacangan, minyak sayur, padi-padian untuk memperoleh vitamin E.

Lutein Lutein adalah zat yang terdapat dalam berbagai sayuran hijau dan telur. Berguna untuk memperlambat terjadinya degenerasi makular yang kerap dialami orangtua, serta menangkal katarak. Lutein mudah dijumpai pada bayam, brokoli, zucchini, telur, polong-polongan.

Vitamin A Vitamin ini sudah lama dikenal sebagai penyehat mata. Vitamin ini dapat meningkatkan penglihatan di malam hari atau dalam cahaya temaram. Temukan vitamin A di dalam wortel, bayam, brokoli, ubi jalar, telur, keju, labu, dan mentega.

Dapatkan asupan karotenoid terbaik pada bayam segar, 30 gram bayam segar mengandung 1.688 mikrogram beta-karoten. Dapatkan sumber karotenoid lain pada kubis, brokoli, dan kembang kol.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes